2/01/2012

Tips Sedehana Untuk Usaha Kecil


Tips Sederhana Untuk Usaha Kecil

Oleh yudha marketing

Khusus untuk pengusaha kecil yang baru ingin memulai usaha atau pengusaha kecil yang sudah memiliki usaha dan ingin meningkatkan usahanya, ada beberapa tips strategi sederhana yang ingin saya bagikan, karena sering lupa oleh para pengusaha kecil.
Pertama, usaha kecil kadang kurang memperhatikan terhadap merk. Karena itu mulailah dengan merk yang baik. Jangan asal saja beri nama. Demikian dengan papan nama atau spanduk usaha, haruslah dibuat yang baik supaya mudah dibaca dan ada aspek seninya. Papan nama atau spanduk adalah kesan pertama yang mempengaruhi citra anda. Penulis beri tips, sama-sama kita mengeluarkan uang untuk membuat spanduk kenapa tidak kita beri sesuatu dalam spanduk yang akan menjadi tembakan pertama ke dalam benak konsumen. Ini adalah hal penting yang membuat konsumen bisa datang ke usaha anda.
Misalnya seperti ini, jika anda jualan memiliki bengkel biasanya isi tulisannya seperti ini tulisannya “bengkel  mobil Andy Autospeed terima servis, ganti oli, sparepart. Alamat jalan honggowongso 34 Solo.”  Menurut saya ini sudah informative tapi kurang mengena di hati konsumen. Kalau yang baca anak muda malah bias bilang “so what?” ini Membuat konsumen membaca ini menjadi sepintas lalu saja. Nggak ada pentingnya, gak mengalihkan perhatian dan layanan bengkel lain juga gitu, gak ada bedanya. Akan berbeda misal anda tambahi tulisan gratis cek rem, gratis ongkos ganti oli, gratis soft drink atau bisa lebih gila lagi dengan gratis cuci mobil.
Atau misal spanduk usaha makanan. Tulisannya biasanya Rumah Makan Adem Ayem. Sedia nasi sayur, nasi pecel, soto, es teh, es jeruk, teh panas, jeruk panas, kopi.  Kurang menarik bukan. Kesannya biasa, dalam marketing untuk memenangkan hati konsumen, anda harus membuat perbedaan. Sehingga usaha anda selalu diingat dan membuat konsumen memutuskan datang ke usaha anda. Ubah saja sebagai usul saya ditambahi tulisan gratis buah segar,  Atau bisa juga gratis pudding. Kalau anda ingin lebih gila lagi, gratis es krim. Saran dalam bisnis makanan, jangan sampai gratis es teh (minuman), soalnya itu merupakan penjualan yang menghasilkan untung 100 persen.
Kalau saya yang baca tulisan itu saya akan berpikir 1000 x kalau tidak mencoba bengkel itu. Bagi konsumen tentu ia akan untung dengan cara usaha seperti itu. Dan dipastikan usaha anda akan laris manis. Dijamin!!. Apa bagi anda itu hal yang merugikan? Tentu tidak dengan hitung-hitungan produksi saya pastikan hal-hal tersebut sebetulnya logis dan masuk akal. Anda bisa hitung sendiri atau hubungi saya kalau anda kira hal ini tidak masuk akal. Setelah para konsumen datang, tinggal menunggu waktu saja dipastikan pelanggan lain akan datang. Soalnya konsumen memiliki psikologi, kalau ada warung yang ramai pasti jadi penasaran akan mencoba juga. Percayalah! Selanjutnya nanti lain waktu akan saya sampaikan tips untuk mempersering pembelian dan meningkatkan keuntungan. Ok juragan?
Kedua, konsistensi haruslah dijaga. Konsumen yang hari ini datang ke usaha anda dan puas, setelah kembali lagi, dia ingin mendapatkan seperti yang ia dapatkan lalu. Anda harus konsisten dengan kualitas, dan anda harus konsisten dengan jam operasi. Jangan seenaknya menentukan waktu buka dan waktu tutup usaha anda.
Untuk memastikan kualitas anda konsisten, ada baiknya anda memiliki rincian standar operasi dan prosedur. Sehingga ketika usaha anda besar, dan anda tidak bisa terus mendampingi karyawan satu persatu, usaha anda tetap jalan dengan baik dan memberikan keuntungan. Standar operasi ada baiknya anda tulis dan diberikan pada karyawan. Misal usaha anda bengkel, berikan rincian apa saja yang harus dilakukan karyawan ketika menservis kendaraan konsumen. Missal usaha anda makanan, berikan rincian resep dan takaran pada konsumen sehingga kualitas rasa tidak berubah.
Ketiga, perlakukan pelanggan dengan baik. Selain memberikan layanan yang ramah, bila perlu, anda menyapa dia dengan nama. Hati pelanggan yang sudah senang, akan membuat rasa makanan(missal bisnis makanan) menjadi lebih enak. Selain itu, pelanggan seringkali menilai persahabatan dan relationship adalah hal yang penting. Inilah yang sulit dilakukan oleh perusahaan besar, sehingga anda jangan minder bersaing dengan usaha yang sudah besar. Karena sebetulnya anda memiliki jurus sakti yang tidak dimiliki mereka. Percayalah jurus kekeluargaan dan persahabatan ini sangat ampuh dan maut sekali.
Untuk jaman sekarang, terkait perlakuan pelanggan dengan baik. Usahakan bila memungkinkan anda memfasilitasi komunitas pelanggan usaha anda. Misal dengan membuat jejaring social facebook dan twtter. Lewat ini anda akan menjadi tahu keinginan konsumen dan perubahan trend bisnis dari usaha anda. Dengan ini konsumen akan menjadi pelanggan yang sangat setia dan memiliki rasa kepunyaan terhadap usaha anda. Sekarang anda memiliki sales anda tanpa dibayar. Bila bertemu orang-orang yang belum tahu usaha anda, pelanggan setia-setia inilah yang akan merekomendasikan usaha anda kepada calon pelanggan baru. Bukan tidak mungkin usaha anda akan makin dan makin maju. Keuntungan makin berlipat. Tapi jangan lupa zakat yah, soalnya harta yang kita miliki ada milik kaum miskin yang Alloh titipkan lewat kita. Barokallah.
Demikian dulu tulisan ini, semoga mamberi manfaat bagi kita semua. Peluang dimulai dari mencari informasi, dan informasi dapat diperoleh dengan membaca.

3 komentar:

  1. Anonim2/01/2012

    super sekali bung yudha... semoga semakin laris usaha antum

    BalasHapus
  2. wah tips2 ringan tapi mengena, harus inovasi ya mas yudha, apalagi jaman sekarang persaingan makin rame :). ditunggu tulisan2 selanjutnya juragan

    BalasHapus